Masakan Tradisional Jepang ,Makanan Khas Jepang Yang Mendunia

 Masakan Tradisional Jepang ,Makanan Khas Jepang Yang Mendunia 

Masakan Tradisional Jepang ,Makanan Khas Jepang Yang Mendunia resep Kebumen

Mengenal masakan tradisional khas daerah jepang

Masakan Tradisional Jepang ,Makanan Khas Jepang Yang Mendunia

Masakan tradisional Jepang ( , washoku ), yang terkenal karena penekanannya pada bahan-bahan musiman yang segar, telah menggemparkan dunia. Sejarah negara, dengan isolasi budaya sampai abad ke-19 (lihat Jepang pra-modern ), dan modernisasi dan globalisasi yang cepat, terlihat dalam masakan, yang memiliki perbedaan tajam antara hidangan tradisional dan modern. Pengaruh utama sebelum zaman modern datang dari masakan Cina.

Wisata kuliner keliling Jepang akan membuat lidah Anda menari di antara berbagai rasa, ditambah dengan penyajian piring yang memanjakan mata. Selain sushi dan mie ramen terkenal yang dapat ditemukan hampir di seluruh dunia, setiap daerah di negara ini memiliki spesialisasi lokalnya sendiri yang eksotis bahkan untuk orang-orang dari bagian lain Jepang. Masakan Okinawa khususnya berbeda dari masakan Jepang lainnya karena sejarahnya sebagai kerajaan yang terpisah, dan dalam banyak hal lebih mirip dengan masakan Cina daripada masakan Jepang daratan. 

Sejak Restorasi Meiji pada tahun 1868, masakan Jepang juga telah mengadopsi banyak pengaruh dari masakan Barat. Contohnya termasuk kue keju Jepang, steak daging sapi wagyu, ayam goreng atau irisan daging babi ( katsu ) dan cokelat Jepang. 

Komunitas diaspora Jepang telah terbentuk sejak Restorasi Meiji, dengan contoh-contoh penting yang ada di Amerika Serikat , Brasil , dan Peru . Komunitas-komunitas ini sering memiliki hidangan yang terinspirasi dari Jepang yang tidak dapat ditemukan di Jepang, seperti musubi spam Hawaii. 

Bahan

• Nasi adalah makanan pokok di setiap makanan Jepang, dan sebenarnya kata Jepangnya gohan juga berarti "makanan". Dapat dimakan polos dengan hidangan lainnya, digulung menjadi sushi , dibentuk menjadi onigiri , diubah menjadi mochi , atau bahkan difermentasi menjadi sake .

• Ikan dan makanan laut adalah hal biasa di negara kepulauan ini; penawaran terutama tergantung pada wilayah. Pulau utara Hokkaido terkenal dengan sashimi dan kepitingnya karena airnya yang sejuk, sementara bola gurita (takoyaki) biasa ditemukan di Osaka di Jepang Selatan.

• Kedelai adalah sumber utama protein dan memiliki banyak bentuk, terutama sup miso yang disajikan dengan banyak makanan, tetapi juga tahu tahu dan kecap.


Masakan khas daerah jepang


Di luar negeri, sebagian besar barang yang Anda temukan di restoran khas Jepang sebenarnya adalah koleksi dari berbagai daerah di tanah air. Di Jepang, masakannya agak bervariasi dari satu daerah ke daerah lain, dan Anda akan sering menemukan makanan khas daerah (tokusanhin ), beberapa di antaranya bahkan khusus untuk satu kota. Makanan khas daerah ini sering menggunakan bahan-bahan lokal yang tidak ditemukan di tempat lain di Jepang, dan juga memiliki profil rasa yang sangat berbeda. Orang Jepang sering mencarinya di restoran dan sebagai oleh-oleh saat mereka bepergian. 


Hokkaido

Berada di Pasifik utara, perairan pulau paling utara Jepang ini memiliki banyak makanan laut yang disajikan di meja Anda:

•Genghis Khan Barbecue (jingisukan ) - daging domba dan kambing yang diasinkan dipanggang di atas sayuran, di atas panggangan. Biasanya dinikmati bersama.

Ishikari Nabe - hidangan nabemono dari potongan salmon yang direbus dengan sayuran dalam kaldu berbasis miso.

• Mie Cumi ( Soumen ) - cumi-cumi yang diiris tipis-tipis seperti mie dan dimakan dengan saus, seperti somen, makanan khas Hakodate .

• Ruibe - Irisan tipis salmon mentah dan setengah beku. Secara tradisional dibekukan di luar, meninggalkan rasa yang meleleh di mulut.

• Ramen - Hidangan ramen yang ada di mana-mana di seluruh Jepang juga dapat ditemukan di sini dalam berbagai varian. Sapporo terkenal dengan miso ramen , yang menggunakan kaldu daging babi dan miso, sedangkan Hakodate dikenal dengan shio ramen , yang menggunakan kaldu daging babi dan garam.


 Tohoku (Honshu Utara)

Negi-soba, dimakan dengan batang daun bawang

 Negi-soba, dimakan dengan batang daun bawang

Surga beras Jepang tercermin dalam piring tradisional mereka:

• Wanko Soba - Soba porsi kecil sepuasnya dengan lauk pauk, yang berasal dari Prefektur Iwate.

• Morioka Reimen - Mie dingin yang disajikan dengan irisan semangka, diperkenalkan ke Morioka oleh seorang imigran Korea Utara pada 1950-an.

• Morioka Jajamen , Jajamen berasal dari bahasa Cina Zhajiangmian . Seorang pengunjung Jepang ke Manchukuo (nama yang diberikan ke Manchuria ketika Jepang mengambil alih wilayah tersebut dalam Perang Dunia II) makan Zhajiangmian dan sekembalinya ke kampung halamannya di Morioka mencoba membuat ulang hidangan tersebut dengan bereksperimen dengan pasta miso untuk menciptakan hidangan modern.

• Kiritanpo - kue beras yang dimasak dan dibentuk menjadi silinder dan ditusuk. Biasanya disajikan dengan miso. (Prefektur Akita)

• Gyūtan - spesialisasi Sendai , lidah sapi panggang, biasanya disajikan di restoran yakiniku atau yakitori.

Negi-soba - dimakan dengan tangkai daun bawang, hanya ditemukan di Ouchi-juku di Shimogo.


Kanto (wilayah metropolitan Tokyo) 

Monjayaki, Masakan Tradisional Jepang ,Makanan Khas Jepang Yang Mendunia Masakan Tradisional Jepang ,Makanan Khas Jepang Yang Mendunia resep KebumenMengenal masakan tradisional khas daerah jepang
Monjayaki

• Utsunomiya Gyoza - ibu kota negara gyoza, Utsunomiya memiliki berbagai macam restoran dan jenis gyoza

• Monjayaki - Adonan rasa saus Worcestershire, campur dengan topping apa pun yang Anda inginkan dan panggang. Ini mirip dengan okonomiyaki, tetapi adonan tidak mengeras sepenuhnya, jadi Anda mengambil sedikit dengan spatula dan memakannya. Di sebagian besar restoran, Anda memasaknya sendiri (staf mungkin dapat membantu, karena memerlukan pengetahuan tentang teknik yang tepat), dan secara tradisional dimakan langsung dari wajan, satu spatula kecil penuh pada satu waktu.

• Chankonabe - sup ayam dan sapi yang kaya protein dengan berbagai sayuran dalam kaldu ikan atau ayam. Umumnya sebagai diet pegulat sumo.

• Sushi - terutama Nigiri, berasal dari Edo, bekas kursi kekuasaan Keshogunan Tokugawa, yang sekarang dikenal sebagai Tokyo . Sebagian besar restoran sushi terbaik dan eksklusif di Jepang dapat ditemukan di Tokyo, dan gaya sushi ini dikenal sebagai edomaezushi.

• Shoyu ramen - Varian hidangan dari Tokyo ini menggunakan kaldu berbahan dasar daging babi dan kecap.


Chubu (Honshu Tengah) 

• Unagi - belut panggang dari Danau Hamanako di Hamamatsu yang dicelupkan dan dipanggang dalam kecap asin. Biasanya disajikan sendiri dengan nasi.

• Misokatsu - potongan daging goreng, dengan saus miso dari Okazaki , populer di Nagoya dan daerah sekitarnya di Prefektur Aichi.

•Jibu-ni - Dashi rebus dengan bebek yang dilapisi tepung, sayuran musiman, dan sudare-fu (gluten gandum) khas Kanazawa

•Hōtō - udon datar dan lebar dalam sup miso dengan sayuran dari Kofu .

•Masuzushi - Sushi salmon yang dibungkus dengan daun bambu yang pertama kali dibuat di Toyama selama Periode Edo.

•Sauce Katsudon - Potongan daging babi dengan saus di atas nasi. Keistimewaan Fukui , saus katsudon diciptakan oleh Masutaro Takahata saat kembali ke Jepang setelah bertahun-tahun belajar kuliner di Berlin . "Saus" dalam saus katsudon adalah saus Worcestershire asli yang dia buat untuk memenuhi selera Jepang.


Kansai (wilayah metropolitan Osaka) 

okonomiyaki, Masakan Tradisional Jepang ,Makanan Khas Jepang Yang Mendunia Masakan Tradisional Jepang ,Makanan Khas Jepang Yang Mendunia resep KebumenMengenal masakan tradisional khas daerah jepang
okonomiyaki

• Osaka Okonomiyaki - Osaka adalah rumah bagi gaya okonomiyaki yang dominan . Secara harfiah "masak sesuka Anda", ini adalah pizza panekuk Jepang, berdasarkan adonan kubis gandum dengan daging, makanan laut, dan isian sayuran pilihan Anda, diolesi dengan saus, mayones, serpihan bonito, rumput laut kering, dan acar jahe . Di banyak tempat Anda memasaknya sendiri di meja Anda.

• Takoyaki - makanan ringan Jepang berbentuk bola yang terbuat dari adonan tepung terigu dan dimasak dalam panci cetakan khusus, diisi dengan gurita dan disajikan dengan saus takoyaki dari Osaka . Variasi dari Akashi (akahaski yaki) adalah makanan ringan yang terbuat dari adonan telur dan dicelupkan ke dalam kaldu ikan sebelum dikonsumsi.

• Funa Zushi - Telur ikan mas crucian diasinkan dengan garam, lalu nasi kukus, selama berbulan-bulan, meninggalkan rasa keju. Dikatakan sebagai pendahulu sushi.

Daging Sapi Kobe - Salah satu makanan paling terkenal di Jepang, Kobe memiliki banyak restoran yang menyajikan daging sapi khasnya, mulai dari steak dalam bentuknya yang paling murni hingga kroket dengan potongan daging di dalamnya.

• Ise Udon - Terlepas dari tampilannya dengan kuah gelap, rasa udon Ise tidak terlalu kuat.

• Yokkaichi Tonteki - Makanan khas Yokkaichi yang menyajikan potongan daging babi tebal dengan bawang putih, biasanya disajikan dengan kol parut, tetapi juga tersedia di atas nasi


Cughoku

Tsuyama Horumon Udon, Masakan Tradisional Jepang ,Makanan Khas Jepang Yang Mendunia Masakan Tradisional Jepang ,Makanan Khas Jepang Yang Mendunia resep KebumenMengenal masakan tradisional khas daerah jepang
Tsuyama Horumon Udon

• Hiroshima Okonomiyaki - Tidak seperti versi Osaka, okonomiyaki ala Hiroshima berlapis-lapis daripada dicampur bersama. Biasanya termasuk mie yakisoba dan lebih banyak kubis. Karena pelapisan lebih sulit dilakukan, Hiroshima-yaki lebih sering dimasak oleh koki. Secara tradisional, itu tidak memiliki mayones (itu tambahan Osaka), tetapi hari ini Anda dapat menambahkannya sesuka Anda.

•Izumo soba - mie soba yang Anda tuangkan sausnya. Bisa dimakan panas atau dingin.

• Okayama Bara-zushi - Campuran warna-warni makanan laut yang menjadi populer pada Zaman Edo di Okayama sebagai cara untuk menghindari pesanan "satu hidangan di atas meja" daimyo lokal. Perintah itu dimaksudkan untuk memaksakan penghematan dan kesederhanaan, tetapi penduduk setempat menggunakan hidangan itu sebagai pemberontakan legal, menciptakan "satu hidangan" dengan variasi yang mewah dan jumlah makanan laut yang rakus.

• Hiruzen Yakisoba - Yakisoba dengan ayam yang dilumuri saus manis berbasis miso dari Dataran Tinggi Hiruzen di Maniwa .

• Tsuyama Horumon Udon - Jenis yaki-udon dari Tsuyama yang terkenal karena penggunaan isi perut horumon , babi, dan sapi.

• Fugu - Shimonoseki dikenal sebagai ibu kota fugu (blowfish).


Sikoku

Katsuo no Tataki, Masakan Tradisional Jepang ,Makanan Khas Jepang Yang Mendunia Masakan Tradisional Jepang ,Makanan Khas Jepang Yang Mendunia resep KebumenMengenal masakan tradisional khas daerah jepang
Katsuo no Tataki

• Katsuo no tataki - Irisan bonito dengan tepian yang dibakar, hidangan terkenal dari Kochi

• Sanuki udon - Prefektur Kagawa dikenal sebagai "negara udon".

• Kujira-ryori - Kochi adalah tempat yang tepat untuk menikmati daging ikan paus. Ada berbagai macam hidangan, seperti daging ikan paus, sashimi ikan paus, ikan paus goreng, dll.


Kyushu

• Basashi - sashimi daging kuda, spesialisasi Kumamoto

• Ramen Tonkotsu - juga dikenal sebagai ramen Hakata. Ramen varian lokal yang ada di mana-mana, dengan kuah kaldu yang dibuat dengan merebus tulang babi hingga kuahnya berwarna putih keruh dan kental. Seperti nama alternatifnya, itu berasal dari distrik Hakata di kota Fukuoka.

• Cumi Yobuko - spesialisasi pasar Yobuko di Karatsu , cumi-cumi dipotong dan disajikan hanya dalam 30 detik.

• Chicken Nanban - Ayam cuka manis dengan saus tartar, spesialisasi Miyazaki

• Ayam Goreng Nakatsu - Dikenal sebagai "Tanah Suci Ayam Goreng" , Nakatsu telah mendapatkan ketenaran dan memenangkan hadiah untuk ayam gorengnya.


Setelah melihat jenis makanan ini ,apakah anda mau mencobanya ?


Topic :

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Ikan Tongkol Tumis Aceh Yang Unik

Menyelamatkan manusia dari lilitan ular piton raksasa

Kangkung is delicious, easy to cook at home